FMIPA / Kemitraan FMIPA IPB dan Columbia University

Kemitraan FMIPA IPB dan Columbia University

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB (FMIPA IPB) bersama dengan Center for Environment Economy and Society Columbia University (CEES Columbia University) melakukan kemitraan dalam pengajuan hibah USAID. Judul program hibah yang diajukan adalah Supporting Quality Teaching of STEM in Secondary Schools in Indonesia through a partnership between the Institut Pertanian Bogor and Columbia University. STEM adalah kepanjangan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics.

Program hibah ini disusun secara intensif sejak bulan Juni 2012 oleh tim dari IPB serta tim dari Columbia University. Peluang IPB – Columbia University untuk mendapatkan hibah ini sangat besar. Pada minggu ketiga Oktober 2012 USAID sudah menyetujui berbagai revisi yang diserahkan tim IPB – UC. Termasuk nama program yang lebih singkat namun tanpa menghilangkan makna yang terkandung didalamnya. Saat ini nama yang diajukan IPB – UC ialah School Action for Innovations in Science atau disingkat menjadi SAInS.

Selain melibatkan Columbia University – New York, program ini juga berkolaborasi dengan Teachers College Columbia University, FMIPA Universitas Negeri Malang, dan FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Secara khusus, SAInS akan diimplementasikan untuk Lab School IPB, yaitu SMA Kornita, serta SMA Negeri 13 Jakarta dan SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Tujuan yang ingin dicapai melalui hibah USAID ini diantaranya akan membangun kapasitas FMIPA IPB sebagai sumber kepakaran dalam pedagogi sains dan pelatihan guru, mentransformasi tiga SMA menjadi model sekolah penerapan STEM, serta meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya penerapan STEM di lingkungan sekolah.