FMIPA / Halal bi Halal FMIPA: Silaturahim untuk Meningkatkan Kebersamaan

Halal bi Halal FMIPA: Silaturahim untuk Meningkatkan Kebersamaan

BOGOR (12/7) – Rabu, 12 Juli 2017, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB menyelenggarakan acara Halal bi Halal bagi sesama civitas akademik di Auditorium FMIPA yang berlokasi di Jalan Agatis Kampus IPB Dramaga, Bogor. Halal bi Halal dihadiri oleh Ketua Senat FMIPA yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik IPB, Prof. Yonny Koesmaryono, serta dihadiri juga oleh segenap pimpinan dekanat dan departemen beserta para dosen dan tendik di lingkungan FMIPA. Diawali dengan silaturahim antar sesama warga FMIPA, dari kalangan pimpinan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan hingga staf pendukung. Kemudian acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Hamzah, mahasiswa Departemen Biologi dan sari tilawah oleh Aidar Indriyani, tenaga kependidikan Dekanat FMIPA.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FMIPA IPB, Dr. Sri Nurdiati. Dalam sambutannya Dekan menguraikan secara singkat kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan serta capaian-capaian yang telah diraih oleh FMIPA IPB selama satu tahun terakhir, antara lain pemutakhiran ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015 serta Achievement Motivation Training bagi para koordinator SMM ISO di FMIPA, pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan akademik dan non-akademik di lingkungan FMIPA, gerakan FMIPA BERTEMAN, kegiatan tahunan FMIPA Family Day dan Pesta Sains serta prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh FMIPA. Dalam sambutannya berkenaan dengan pengembangan infrastruktur di FMIPA, dekan sempat mengungkapkan rencana pembangunan FMIPA Science Center.

Sebagai acara puncak, tausiyah dibawakan oleh Ustad Sambo dengan mengetengahkan topik tentang bagaimana mempertahankan kebiasaan beribadah baik, yang selama ini telah dijalankan selama bulan Ramadhan, untuk dapat terus dijalankan pada sebelas bulan selanjutnya. Seperti pada dakwah-dakwah yang biasa ia bawakan, Ustad Sambo yang juga merupakan alumni Departemen Matematika FMIPA, kerap menyisipkan unsur matematika sebagai analogi dalam tausiayahnya, Ustad Sambo menggambarkan bahwa ibadah memiliki rumus: niat kali ibadah (sebagai pembilang) dibagi jumlah dosa (sebagai penyebut), dimana maknanya apabila penyebut sebagai pembagi bernilai nol maka nilai ibadah kita menjadi tak terhingga.

Sebagai acara hiburan, para undagan disuguhi pementasan grup nasyid/akapela yang dibawakan oleh Na’am Acapella. Na’am sendiri merupakan grup vokal akapela asal Bogor dan dibentuk di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2003 terdiri dari Kamal pada lead vocal, Iwang pada vocal, Ewink pada bass, Arie pada tenor, Tito pada baritone dan Faiq pada percussion/beat-box. Menjelang penghujung acara, dipandu oleh Dr. Kiagus Dahlan, doa dibacakan sebagai penutup rangkaian kegiatan Halal bi Halal FMIPA yang diakhiri dengan kegiatan ramah tamah dan santap siang.