FMIPA / Admisi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Catatan: Informasi terkait dengan penerimaan mahasiswa baru dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan peraturan dan kebijakan yang berlaku di lembaga/institusi penyelenggara seleksi. Harap mengunjungi website penyelenggara untuk informasi lebih lanjut dan lengkap.

Jalur PMB Seleksi Nasional

Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Nasional merupakan jalur penerimaan yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia dengan sistematika penerimaan dan koordinasi kepanitiaan yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), atau Jalur Undangan, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau Jalur Ujian.

SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur SNMPTN

SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan SBMPTN, dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melaksanakan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat termasuk Paket C sampai dengan lulusan maksimal 2 tahun ke belakang.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur SBMPTN

Informasi bagi Penerima Bidikmisi

  • Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu.
  • Calon peserta dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ dengan mempelajari ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima melalui SNMPTN namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka calon peserta harus mendaftar SBMPTN melalui laman pendaftaran ini dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari sistem Bidikmisi Kemristekdikti untuk mencetak slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN ke Bank Mandiri atau Bank BNI.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.

Pusat Bantuan Informasi Seleksi

  • SNMPTN
    1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman SNMPTN.
    2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id.
    3. Melalui call center 08041450450.
    4. Facebook www.facebook.com/SekreSNMPTN
    5. Twitter @SekreSNMPTN
  • SBMPTN
    1. Informasi resmi mengenai SBMPTN dapat diakses melalui laman SBMPTN.
    2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.sbmptn.ac.id.
    3. Melalui call center 08041456456.
    4. Facebook facebook.com/SekreSBMPTN
    5. Twitter @SekreSBMPTN
  • Alamat Panitia Nasional SNMPTN & SBMPTN
    Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
    Sayap Utara Lantai 1 Jalan Colombo Nomor 1
    Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
    Telepon: +62 274 544049
    Faksimile: +62 274 520325
    Email: sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi akan diinformasikan melalui laman website masing-masing jalur seleksi.

Jalur PMB Seleksi Mandiri IPB

Selain jalur undangan (SNMPTN) dan jalur tes tertulis (SBMPTN) yang diselenggarakan secara nasional, IPB juga menyelenggarakan alternatif penerimaan mahasiswa baru guna menjaring calon mahasiswa berpotensi dengan karakter dan kriteria khusus, melalui jalur-jalur penerimaan berikut:

Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur BUD
Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur UTMI
Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur PIN

Sekretariat PMB IPB

  • Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru IPB
    Jalan Raya Dramaga Kampus IPB Dramaga
    Bogor 16680, Jawa Barat, Indonesia
  • HUMAS
    Telepon: +62 251 8425635
    Email-1: humas@ipb.ac.id
    Email-2: humas@apps.ipb.ac.id
  • PPMB Program Diploma
    Telepon: +62 251 8329101
    Email: informasidiploma@ipb.ac.id
  • PPMB Program Sarjana
    Telepon: +62 251 8624650
    Telepon: +62 251 8626641
    Email: admisi@ipb.ac.id
  • PPMB Program Pascasarjana
    Telepon: +62 251 8628448
    Email: pascasarjana@apps.ipb.ac.id

Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi akan diinformasikan melalui laman website http://admisi.ipb.ac.id/.