FMIPA / Akademik / Program Studi / Sarjana / S1 Aktuaria

S1 Aktuaria

Lulusan Program Studi Aktuaria akan mampu mendemonstrasikan pemahaman matematika yang kuat untuk menduga risiko, menghitung present value, dan memproyeksikan nilai akumulasi cash flow serta memahami teori dasar model-model aktuaria maupun materi ujian aktuaris profesional (PAI). Berkomunikasi efektif lisan maupun tertulis, bekerja dalam tim, beretika, dan profesional.

Capaian Pembelajaran

Para lulusan program studi diharapkan dapat menerapkan keahlian dan kompetensinya secara profesional dengan memenuhi capaian pembelajaran (learning outcomes) sebagai berikut:

Kemampuan di Bidang Kerja

  • Menguasai konsep matematika, teori peluang, statistika, ekonomi dan keuangan serta menguasai prinsip-prinsip aktuaria dan teori risiko.
  • Mampu mengamati, mengenali, merumuskan dan mendemonstrasikan pemahaman matematika yang kuat untuk menduga risiko, menghitung present value, dan memproyeksikan nilai akumulasi cash flow menggunakan teori dasar model-model aktuaria.
  • Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis/berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis bidang aktuaria, serta mendemonstrasikan pemahaman yang baik terhadap materi ujian aktuaris profesional Persatuan Aktuaris Indonesia.

Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai

  • Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis bidang aktuaria yang tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Kemampuan Manajerial

  • Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis, bekerja sama dalam tim, beretika dan berperilaku profesional.
Unit Pengampu

G05-MAT-ICON

Departemen
Matematika

Status Akreditasi

AKREDITASI A

174/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/VIII/2013

Daya Tampung & Peminat

Untuk tahun akademik 2016/2017, akan diseleksi 40 mahasiswa baru sebagai angkatan pertama program studi S1 Aktuaria IPB melalui jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI). Untuk tahun-tahun berikutnya, seleksi penerimaan mahasiswa baru akan dibuka melalui jalur-jalur lainnya.

Daya Tampung PMB 2016
Peminat Program Studi

Peluang Karir

Lulusan program studiĀ ini dapat membangun jenjang karir di bidang-bidang berikut:

Mahasiswa Berprestasi

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi membuka peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengaspirasikan diri di beragam kegiatan dalam ranah Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni. Berikut adalah mahasiswa-mahasiswa departemen ini yang memiliki prestasi cemerlang di berbagai ajang dan bidang, baik dalam skala nasional dan internasional.