FMIPA / Akademik / Program Studi / Sarjana / Kimia

S1 Kimia

Lulusan Program Studi Kimia memiliki kemampuan untuk menerapkan, menguasai, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kimia yang meliputi transformasi kimia bahan, proses pemisahan, dan karakterisasinya. Profesional, berinovasi, mampu menciptakan lapangan kerja, mampu bekerja sama dan beradaptasi, berdaya saing tinggi dan berakhlak terpuji.

Capaian Pembelajaran

Para lulusan program studi diharapkan dapat menerapkan keahlian dan kompetensinya secara profesional dengan memenuhi capaian pembelajaran (learning outcomes) sebagai berikut:

Kemampuan di Bidang Kerja

  • Mampu mengoperasikan peralatan laboratorium standar dan teknik klasik, serta beradaptasi dengan instrumen modern untuk melaksanakan percobaan.
  • Mampu mengetahui dan mengikuti prosedur dan peraturan yang benar tentang penanganan dan penggunaan bahan kimia.
  • Mampu mengomunikasikan konsep dan hasil percobaan laboratoriumnya melalui keterampilan menulis dan komunikasi lisan.
  • Mampu menggunakan dan memanfaatkan komputer dan perangkat lunaknya untuk mengakuisisi dan mengolah data percobaan dan memanfaatkan hasilnya untuk memahami konsep struktur kimia.
  • Mampu menggunakan alat penelusuran pustaka modern guna menemukan informasi tentang suatu topik, bahan kimia, teknik kimia, dan isu yang berkenaan dengan kimia.
  • Menguasai seperangkat pengetahuan kimia menyangkut dasar-dasar di bidang kimia (analitik, anorganik, organik, fisik, dan kimia hayati) agar dapat (1) bekerja sebagai ilmuwan di pemerintahan atau industri, pengajar di persekolahan, atau karir lain; atau (2) melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi baik di program profesional dan/atau program pascasarjana.

Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai

  • Mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan kimia secara kompeten dengan mengidentifikasi bagian penting dari masalah, merumuskan strategi untuk mengatasi masalah, dan menerapkan metode yang sesuai untuk sampai ke solusi, menguji kebenaran solusi, dan menafsir hasilnya.
  • Mampu mengerti tujuan percobaan kimia, melaksanakan dan mencatat dengan benar percobaan tersebut, dan menganalisis hasilnya.

Kemampuan Manajerial

  • Mampu mengevaluasi diri dan mengelola pembelajaran diri sendiri.
  • Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dan bekerja sama dalam tim.
Unit Pengampu

G04-KIM-ICON

Departemen
Kimia

Status Akreditasi

211/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/X/2013

Daya Tampung & Peminat

Daya Tampung PMB
Tahun
SNMPTN
SBMPTN
20127120
20136625
20146625
20156830
20166031
Peminat Program Studi
Tahun
SNMPTN
SBMPTN
2012874353
20131204496
2014983548
20151002537
2016482552

Peluang Karir

Lulusan program studiĀ ini dapat membangun jenjang karir di bidang-bidang berikut:

Mahasiswa Berprestasi

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi membuka peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengaspirasikan diri di beragam kegiatan dalam ranah Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni. Berikut adalah mahasiswa-mahasiswa departemen ini yang memiliki prestasi cemerlang di berbagai ajang dan bidang, baik dalam skala nasional dan internasional.