FMIPA / Akademik / Program Studi / Sarjana / Meteorologi Terapan

S1 Meteorologi Terapan

Meteorologi Terapan Departemen Geofisika & Meteorologi merupakan bagian integral dari visi IPB menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan, pengembangan keilmuan dan kompetensi lulusan Meteorologi Terapan mempunyai kemampuan dalam melakukan observasi, analisis dan pemanfaatan data dan informasi, khususnya iklim/cuaca.

Capaian Pembelajaran

Para lulusan program studi diharapkan dapat menerapkan keahlian dan kompetensinya secara profesional dengan memenuhi capaian pembelajaran (learning outcomes) sebagai berikut:

Kemampuan di Bidang Kerja

  • Mampu menyajikan desain instrumentasi dan stasiun cuaca/iklim serta jejaringnya untuk kepentingan operasional suatu kegiatan jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Mampu menerapkan teknik analisis data dan informasi cuaca/iklim pada berbagai sektor khususnya pertanian sumberdaya alam dan lingkungan.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat serta memberi alternatif pemecahan masalah terkait iklim dan cuaca berdasarkan analisis data dan informasi secara mandiri dan kelompok.

Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai

  • Menguasai secara teoretik pengetahuan tentang cuaca dan iklim, dan pengetahuan yang terkait dengan data informasi cuaca/iklim untuk melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan masalah teknis.
  • Mampu menerapkan metode pengumpulan dan analisis data cuaca/iklim untuk keperluan studi ilmiah dan riset.
  • Mampu melakukan riset sederhana dan berpartisipasi dalam studi ilmiah dengan cakupan lebih luas dengan supervisi yang memadai.

Kemampuan Manajerial

  • Mampu mengelola data dan informasi cuaca/iklim untuk layanan masyarakat dalam skala waktu dan ruang yang relevan sesuai dengan kebutuhan rutin maupun mendesak/darurat.
  • Mampu memanfaatkan jejaring kerja lintas sektor untuk keperluan koordinasi dalam sistem peringatan dini, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dan produktivitas serta ketahanan pangan.
  • Mampu memberi saran dalam pengambilan keputusan terkait kejadian iklim dan cuaca ekstrim secara terbatas sesuai dengan kewenangan dan kemampuan teknis.
Unit Pengampu

G02-GFM-ICON

Departemen
Geofisika & Meteorologi

Status Akreditasi

097/SK/BAN-PT/AK-XV/S/II/2013

Daya Tampung & Peminat

Daya Tampung PMB 2016
Error requesting data: cURL error 35: Unknown SSL protocol error in connection to docs.google.com:443
Peminat Program Studi
Error requesting data: cURL error 35: Unknown SSL protocol error in connection to docs.google.com:443

Peluang Karir

Lulusan program studiĀ ini dapat membangun jenjang karir di bidang-bidang berikut:

Mahasiswa Berprestasi

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi membuka peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengaspirasikan diri di beragam kegiatan dalam ranah Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni. Berikut adalah mahasiswa-mahasiswa departemen ini yang memiliki prestasi cemerlang di berbagai ajang dan bidang, baik dalam skala nasional dan internasional.