FMIPA / Pelepasan Delegasi IPB Menuju ONMIPA 2018

Pelepasan Delegasi IPB Menuju ONMIPA 2018

BOGOR (20/3) – FMIPA menjadi fakultas yang dipercaya oleh Institut Pertanian Bogor dalam menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan yang intensif bagi para delegasi IPB menuju ONMIPA 2018. Tak hanya semata karena bidang-bidang kompetisi ONMIPA yang selaras dengan bidang kepakaran FMIPA, namun juga karena ketersediannya sumberdaya manusia yang profesional dalam merangkai dan memformulasikan bentuk pembinaan yang efektif, baik untuk membina kesiapan akademik maupun kesiapan mental.

Rapat pelepasan delegasi ONMIPA 2018 yang mengambil tempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) dihadiri langsung oleh Dekan FMIPA: Dr. Sri Nurdiati, Wakil Dekan AK yang baru: Prof. Purwantiningsih beserta asisten: Dr. Sony Hartono Wijaya, Wakil Dekan Bidang SKP: Dr. Hamim dan Kepala Sub-Direktorat Minat Bakat dan Penalaran, Direktorat Kemahasiswaan IPB: Dr. Ujang Suwarna, S.Hut, M.Sc.F.Trop.

Dr. Ujang berpesan, bahwa dalam menghadapi soal-soal ONMIPA PT (Olimpiade Nasional Bidang Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi) 2018 ini, kepercayaan diri perlu ditanam dan dijaga baik-baik dalam diri masing-masing peserta. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kesiapan yang telah dimiliki, karena pembinaan yang telah dijalani para peserta selama masa persiapan pada tahap ini sudah sangat baik dan tertangani oleh tim yang profesional.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam melepas tidak kurang dari 25 peserta dari FMIPA dan FATETA sebagai delegasi yang mewakili IPB untuk menghadapi Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 21-22 Maret 2018 oleh Kopertis.

Tentang Olimpiade Nasional MIPA

Globalisasi telah mengubah tatanan hubungan antar negara-negara di dunia. Hanya negara dengan sumber daya manusia berkualitas yang menguasai Iptek yang mampu bertahan dalam kompetisi barang maupun jasa di pasar dunia. Secara universal, ilmu-ilmu dasar dan Matematika merupakan bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan di Indonesia pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA).

Pemerintah melakukan upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi yang mulai dirintis pada tahun 2009.

Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik.

Pendaftaran Olimpiade Nasional MIPA