FMIPA / Departemen Fisika FMIPA IPB Berikan Coaching Clinic Robotics & IoT di Sinjai dan Bulukumba

Departemen Fisika FMIPA IPB Berikan Coaching Clinic Robotics & IoT di Sinjai dan Bulukumba

Departemen Fisika IPB University melakukan  sosialisasi dan Coaching Clinic Robotika dan Internet of Things (IoT) pada kegiatan Physics  Goes To School (PGTS) di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Physics Goes To School (PGTS) merupakan program kerja Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University yang bertujuan meningkatkan wawasan dan literasi siswa terkait sains fisika dan aplikasinya.

Kegiatan PGTS kali ini diselenggarakan di SMA Negeri 3 Sinjai pada 14 Januari 2020 dan SMAN 5 Sinjai pada 15 Januari 2020 serta di SMA Negeri 11 Bulukumba pada 15 Januari 2020. Hadir pada kegiatan PGTS ini Ketua Departemen Fisika IPB University, Dr Akhiruddin Maddu dan seorang alumni sekaligus tenaga teknisi Laboratorium Fisika Lanjut Departemen Fisika IPB University, Sejahtera Ahmad, SSi.

“Ilmu fisika adalah salah satu ilmu dasar yang menjadi penggerak utama pengembangan teknologi maju dan berperan dalam menghasilkan revolusi industri mulai industri 1.0 hingga industri 4.0 yang dicirikan oleh penggunaan internet secara massif dalam berbagai aktivitas yang dikenal sebagai Internet of Things (IoT),” kata Akhiruddin Maddu.

Untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi bagi para siswa, digelar Coaching Clinic tentang Robotika dan IoT.
Dalam coaching clinic ini diperkenalkan beberapa jenis robot dan perangkat IoT hasil inovasi dan kreasi mahasiswa dan alumni Departemen Fisika IPB University dibawah naungan Physics Research Club (PRC). Coaching Clinic Robotika dan IoT disampaikam oleh Sejatera Ahamad, SSi, alumni Physics Research Club (PRC). Dalam coaching clinic ini dipaparkan tentang komponenkomponen dan prinsip kerja robot dan IoT.

Para siswa sangat antusias menerima pengetahuan baru tentang teknologi robotika dan Internet of Things (IoT), bahkan para siswa SMA sangat tertarik untuk mempelajari dan mendalami teknologi robotika dan IoT ini. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga tertarik dan berencana mengembangkan ekstrakurikuler bidang robotika dan IoT di sekolah masing-maisng. (Maddu/RA)