FMIPA / Faculty / Profile / Strategic Plan

Strategic Plan

Mengacu pada renstra IPB, program kerja FMIPA merupakan rangkaian kegiatan yang berkelanjutan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu dengan indikator masa studi 4 tahun dan IPK rata-rata ≥3,25.
  2. Menjadikan program-program studi yang dimilikinya diakui secara nasional dan diakreditasi oleh BAN PT dengan nilai A dan dikenal secara internasional sehingga memiliki mahasiswa asing ≥ 1% dari total mahasiswa FMIPA IPB.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sehingga akan mencapai rata-rata jumlahnya 1 penelitian dan dana penelitian Rp. 5.000.000,- perdosen pertahun dan jumlah publikasi nasional atau internasional sebanyak 1 publikasi perdosen pertahun.
  4. Menjadikan hasil-hasil penelitian sebagai dasar pengembangan sains dan sumber inovasi dalam memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, ditandai dengan jumlah kegiatan sebanyak 1 kegiatan dan dana Rp. 1.500.000,- perdosenpertahun.
  5. Menjalin kerjasama baik dengan instansi dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka pemberdayaan kepakaran sumberdaya manusia (SDM) FMIPA dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebanyak 8 kerjasama pertahun.
  6. Terbangunnya komunikasi yang efektif dengan alumni melalui kegiatan himpunan alumni yang intensif setiap tahun baik di tingkat departemen maupun fakultas.
  7. Jumlah mahasiswa tugas belajar dari perguruan tinggi atau instansi lain sebanyak 100 mahasiswa pertahun.