FMIPA / Fakultas / Sejarah / Para Dekan

Para Dekan

Dalam perjalanannya sejak pertama didirikan dengan nama Fakultas Sains dan Matematika hingga kini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tak serta merta terlepas dari peran para dekan terdahulunya, yang baik dalam masa bakti maupun purna baktinya, penuh dedikasi menyumbangkan ide, gagasan dan aksi, guna mengantar, merintis, mempersiapkan dan mengembangkan FMIPA.

Prof. Dr. Barizi, MES
(Periode 1980-1991)

BAR

Prof. Dr. Barizi, MES adalah Dekan FMIPA pertama.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasoetion
(Periode 1991-1995)

AHN

Lulus di tahun 1958 dengan predikat cum laude dan meraih gelar insinyur di bidang pertanian angkatan keempat pada Fakultas Pertanian Universitas Indonesia (sekarang menjadi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor). Enam tahun kemudian (1964), tanpa melalui jenjang master, ia meraih gelar Doctor of Philosophy di bidang Statistika Percobaan (Experimental Statistics) dari North Carolina State University, Amerika Serikat.

Beliau adalah penggagas Sistem Panduan Bakat dalam penerimaan mahasiswa baru IPB. Sistem ini digunakan untuk merekrut mahasiswa dengan melihat prestasinya selama masa sekolah menengah umum, bukan melalui ujian seperti UMPTN. Sistem ini juga sangat menghargai calon mahasiswa cerdas yang membutuhkan dukungan finansial dalam melakukan studinya di IPB. Sistem ini dikenal dengan istilah Ujian Seleksi Masuk Institut (USMI). Pengembangannya dalam bentuk Pola Penerimaan Mahasiswa Perintis II dipakai bersama oleh ITB, UI, dan UGM sebagai pola perekrutan. Pola Perintis II ini kemudian berkembang menjadi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) pada akhir dekade 1980-an.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc.
(Periode 1995-1999)

AMT

Melanjutkan pendidikan di University of Minnesota dan meraih gelar Magister Statistika setelah menempuh pendidikan S1 bidang Biometrika di Institut Pertanian Bogor. Meraih gelar Doktor bidang Statistika Terapan pada Colorado State University pada tahun 1980. Telah mengemban tugas dalam berbagai jabatan, di antaranya Dekan FMIPA IPB, Ketua Dewan Pakar HKTI, Rektor IPB, dan jabatan lain di tingkat IPB maupun di luar IPB. Beliau tergabung dalam beberapa organisasi profesi dan memiliki pengalaman kepanitiaan kegiatan hingga tingkat nasional.

Beliau kerap diundang sebagai pembicara dalam seminar/simposium/workshop berskala nasional. Beberapa karya ilmiah yang telah dipublikasikan dalam jurnal/majalah adalah Pendugaan Data Hilang dengan Algoritma EM-AMMI pada Percobaan Lokasi Ganda dan Aplikasi Analisis Pengaruh Utama Aditif dengan Interaksi Ganda (UAIG). Sementara judul buku beliau yang telah diterbitkan adalah Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I) dan Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab (Jilid I ed. 2). Beliau juga telah melakukan kerjasama bidang pendidikan dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia dan pemerintah daerah. Atas prestasinya, beliau dianugerahi penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Prof. Dr. Ir. Siswadi, M.Sc.
(Periode 1999-2003)

SIS

Prof. Dr. Ir. Siswadi, M.Sc. adalah Dekan FMIPA keempat.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, MS
(Periode 2003-2007)

YKY

Merupakan pakar di bidang Biometeorologi fokus di bidang Hama & Penyakit Tanaman, Mikroklimatologi, dan Agroklimatologi. Beliau terlibat penelitian dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), LIPI, dan IC-SEA. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Pertanian (1980) dan Master of Science in Agroclimatology (1985) di Institut Pertanian Bogor pada Program Studi Agroklimatologi dan mendapatkan gelar Doktor pada tahun 1996 dari Ehime University of Japan pada Program Studi Agrometeorologi. Sejak 2008 sampai saat ini, beliau menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB.

Beliau juga tergabung dalam organisasi metereologi dan pertanian internasional. Topik penelitian yang dikembangkan oleh beliau adalah klimatologi dan pertanian. Berdasarkan topik tersebut, beliau telah menghasilkan berbagai karya ilmiah. Contoh karya ilmiah terbaik yang dipublikasikan antara lain Intercropping Upland Rice and Rubber Plants with Special Reference to The Effects of Reflector on Microclimate; Anticipation to Impact of Drought and Land Burning Potency and Impact of Haze Created; dan Climate Suitability as Determining Factors to Productivity of Palm Oil.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Dr. drh. Hasim, DEA
(Periode 2007-2011)

Merupakan dosen Biokimia dan Toksikologi IPB yang juga menjabat Staf Khusus Menteri Pertanian RI bidang Efisiensi Pembangunan Pertanian. Menyelesaikan pendidikan kedokteran hewan di IPB tahun 1985 dan melanjutkan Magister Biokimia, dan lulus tahun 1989 serta meraih gelar Doktor Biokimia: Lab Pharmacie et Toxicologie experimentale, tahun 1992 di Institut National Polytechnique de Toulouse, Perancis.

Selain menjabat Staf Khusus Menteri Pertanian RI bidang Efisiensi Pembangunan Pertanian, Dr. Hasim juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB (Periode 2007-2011), SEKJEN MIPA-Net (Forum Dekan Fakultas MIPA se-Indonesia, 2009-2011), Koordinator Tenaga Ahli Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP-POM) MUI JAKARTA, Anggota DEWAN AIR NASIONAL Republik Indonesia, Direktur Eksekutif Yayasan Pengelolaan Sumberdaya Alam Watch (PSDA-WATCH) JAKARTA, dan Tim Ahli produk halal LP-POM MUI Jakarta.

Rekam Jejak Kepemimpinan

 

Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc.
(Periode 2011-2015)

Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. adalah Dekan FMIPA ketujuh sekaligus dekan perempuan pertama.

Rekam Jejak Kepemimpinan