FMIPA / Prestasi Mahasiswa FMIPA IPB di ON MIPA 2018

Prestasi Mahasiswa FMIPA IPB di ON MIPA 2018

Selamat kepada Mahasiswa FMIPA IPB yang berhasil keluar sebagai peraih medali dan honorable mentions dalam Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2018:

  • Siswadi Aji Hutomo / G34150070 / Departemen Biologi
    Medali Emas Bidang Biologi
  • Muhamad Ahyad / G74140034 / Departemen Fisika
    Medali Perak Bidang Fisika
  • Siswadi Aji Hutomo / G34150070 / Departemen Biologi
    Medali Perunggu Bidang Biologi
  • Grace Reni Agustina / G54150069 / Departemen Matematika
    Honorable Mentions Bidang Matematika
  • Nugrah Abil Akbar / G74160056 / Departemen Fisika
    Honorable Mentions Bidang Fisika
  • Sofiatun Hasanah / G44140010 / Departemen Kimia
    Honorable Mentions Bidang Kimia
  • Muhamad Raffel Sidiq / G34160078 / Departemen Biologi
    Honorable Mentions Bidang Biologi

Tentang Olimpiade Nasional MIPA

Globalisasi telah mengubah tatanan hubungan antar negara-negara di dunia. Hanya negara dengan sumber daya manusia berkualitas yang menguasai Iptek yang mampu bertahan dalam kompetisi barang maupun jasa di pasar dunia. Secara universal, ilmu-ilmu dasar dan Matematika merupakan bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan di Indonesia pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA).

Pemerintah melakukan upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi yang mulai dirintis pada tahun 2009.

Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik.

Pendaftaran Olimpiade Nasional MIPA