FMIPA / Reconnect, Reunite & Relax dalam Temu Alumni

Reconnect, Reunite & Relax dalam Temu Alumni

BOGOR (17/12) – Salah satu kegiatan Lustrum yang ke-7 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB menyelenggarakan Temu Alumni Akbar. Latar belakang diadakannya kegiatan temu alumni ini adalah telah banyak lulusan FMIPA IPB yang dilahirkan, yang memiliki kompetensi unggul dalam bersaing di dunia kerja dan usaha di berbagai bidang. Pengalaman demi pengalaman sudah mereka dapat sejak bangku kuliah hingga saat ini. Temu Alumni FMIPA IPB adalah ajang dimana para lulusan FMIPA IPB bisa bertemu, dapat menceritakan pengalaman-pengalaman mereka selama berkiprah di dunia kerja dan usaha, dan ajang silaturahmi setelah sekian lama tidak bertemu. Dengan tema “Re-Connect, Re-Unite, Relax” acara ini dapat menjadikan alumni semakin erat hubungannya dalam upaya membangun FMIPA IPB lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Temu Alumni FMIPA terbesar pertama sepanjang sejarah mengambil lokasi di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor. Dalam laporan ketua panitia, Utami Dyah Syafitri (STK-33) mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari Temu Alumni FMIPA tahun 2017 ini adalah untuk membuka jalur peran serta alumni bagi perkembangan FMIPA IPB. Kegiatan ini dipersiapkan dalam dua bulan dengan kepanitiaan lintas departemen dan lintas angkatan dari angkatan 17 sampai angkatan 52. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari alumni, dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa. Terdapat beberapa atraksi yang turut memeriahkan acara seperti bazaar produk mulai dari makanan hingga pakaian, arena bermain untuk anak-anak, live music, photo booth serta door prize dan kuis dengan hadiah-hadiah menarik yang disediakan oleh sponsor.

Dalam sambutannya, Ketua Himpunan Alumni FMIPA, Adman Nursal (BIO-24) mengungkapkan bahwa salah satu visi jangka panjang dibawah kepemimpinan beliau adalah “Alumni dapat sigap mendukung cita-cita dan citra (dalam konteks mutu dan image) FMIPA IPB kini, esok dan nanti.” Lebih lanjut Dekan FMIPA IPB, Dr. Ir Sri Nurdiati, M.Sc menyampaikan bahwa Temu Alumni kali ini merupakan ajang menyatukan alumni-alumni dari 8 departemen, serta bersatu dalam alumni FMIPA. Hal ini sesuai tema Temu Alumni kali yaitu “Re-connect” dan “Re-unite”. Dukungan Alumni diperlukan guna mencapai FMIPA yang lebih jaya pada masa yang akan datang.

Temu Alumni FMIPA IPB tambah semarak dengan hadirnya Rektor baru IPB, Dr. Arif Satria, yang baru saja dilantik dua hari sebelum acara. Dalam sambutannya, Rektor mengharapkan bahwa Alumni harus kuat dan kompak. Almamater sebagai ibu membutuhkan sumbangsih nyata Alumni dan saatnya alumni untuk “Back to Society”. Temu alumni FMIPA IPB merupakan kegiatan fakultas pertama yang Rektor hadiri.

Gayung pun bersambut, dalam acara talkshow peran serta alumni yang melibatkan perwakilan alumni dari 8 departemen yaitu Yanti Nisro (STK), Dusanto (GFM), Surachman Surjaatmadja (BIO), Kholis Abdurachim Audah (KIM), Ahmad Hendra Marfiadi (MAT), Ifnu BIma (KOM), Mamat Rahmat (FIS), dan Rifani (BIK) sepakat untuk memberikan kontribusi nyata bagi FMIPA salah satunya adalah dengan mewujudkan Research Center.

Kota Bogor pun turut menyambut para alumni dengan hujan yang menguyur di awal acara. Namun semua itu tidak menyurutkan langkah alumni untuk hadir ke lokasi. Dengan dipimpin oleh Ustad Sambo (MAT-26), doa dipanjatkan demi kelancaran acara dan doa bangsa dan negara tercinta serta kemajuan IPB ke depannya. Suksesnya acara ini tidak luput dari dukungan yang kuat dari pihak fakultas, departemen, himpunan Alumni tiap departemen, serta donasi pribadi. Tidak lupa acara ini didukung pula oleh sponsor dari Bank Mandiri, Bluebird, KINO, Syamil Dates Honey, dan Rumah Kurma Sahara.