FMIPA / SEMIRATA MIPANet 2017: Sains untuk Kehidupan

SEMIRATA MIPANet 2017: Sains untuk Kehidupan

MANADO (24/8) – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado, menjadi tuan rumah Seminar dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) MIPANet 2017, dengan mengangkat tema “Sains untuk Kehidupan”, SEMIRATA diselenggarakan pada Kamis (24/8/2017) bertempat di Auditorium UNSRAT. Dihadiri Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dekan Fakultas Sains dan Matematika serta Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan se-Indonesia. Turut mengundang sebagai pembicara:

  • dr. Jimmy Lampus, M.Kes. – Kepala Badan Litbang Sulawesi Utara (mewakili Gubernur Sulawesi Utara: Olly Dondokambey, SE).
  • Dr. Muhammad Dimyati – Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi.
  • Prof. dr. Amin Subandrio W. Kusumo, Ph.D,.Sp.MK(K) – Direktur Lembaga Molekuler Eijkman, Universitas Indonesia.
  • Prof. Dr. Ken Seng Tan – READI Project, University of Waterloo, Kanada.
  • Prof. Dr. Andreas ErnstDeputy Director of MAXIMA, Monash University, Australia.
  • Dr. Ariel LiebmanDeputy Director Energy Materials and System Institute, Monash University, Australia.
  • Dr. Laksana Tri Handoko – Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  • Prof. Dr. Wolfgang Nellen – Guru Besar Biologi Genetika,¬†Universit√§t Kassel, Jerman.

SEMIRATA yang dihadiri sekitar 300 peserta tersebut dibuka oleh Rektor UNSRAT: Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc. DEA., Seputar tema yang diketengahkan, Rektor UNSRAT menuturkan tentang hakikat sains dan pengembangannya adalah semata-mata untuk mendukung kehidupan dan meningkatkan mutu kehidupan. Seminar nasional dan rapat tahunan MIPAnet ini dapat dikatakan sebagai incubator kerjasama penelitian antar fakultas dalam disiplin matematika, sains dan teknologi di Indonesia. Rektor berharap kegiatan ini semakin mengukuhkan status fakultas bidang matematika, sains dan teknologi, sebagai pusat penelitian yang berbobot dan patut diperhitungkan.

Di kesempatan ini, Sekretaris Jendral MIPANet yang juga menjabat sebagai Dekan FMIPA IPB: Dr. Sri Nurdiati, M.Sc., dalam sambutannya menegaskan, bahwa MIPA merupakan dasar atau landasan berkembangnya ilmu-ilmu terapan, dan menghibau kepada para dekan yang hadir untuk semakin kreatif mempromosikannya guna memacu siswa agar tertarik melanjutkan pendidikan ke program studi MIPA. Dr. Sri Nurdiati melanjutkan, dalam konteks pembelajaran, MIPA cenderung berbasis pada STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics), dimana STEM merupakan konteks pembelajaran yang tak terpisahkan dan saling terintegrasi dari berbagai aspek.