FMIPA / Tendik IPB Ikuti Pelatihan TI di FMIPA

Tendik IPB Ikuti Pelatihan TI di FMIPA

BOGOR (23/8) – Menjadi Techno-Socio-Entrepreneurial University merupakan cita-cita IPB yang diusung oleh Dr. Arif Satria selaku Rektor bersama jajarannya. Mengimbangi perkembangan zaman yang begitu pesat berkembang dimana salah satu upayanya adalah dengan mengadaptasi teknologi, atau secara lebih spesifik: teknologi informasi (TI). Tak hanya TI dalam hal mengadakan sarana dan prasarana, namun juga dalam hal melatih dan mengembangakan sumberdaya manusia. Menghasilkan SDM yang mampu memberdayakan teknologi informasi, merupakan latar belakang IPB menyelenggarakan Pelatihan TI bagi para tenaga kependidikannya.

FMIPA sebagai fakultas yang menaungi Departemen Ilmu Komputer di IPB, ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan tersebut. Mengambil tempat di 2 (dua) Laboratorium Komputer Departemen Ilmu Komputer, pelatihan dilaksanakan pada 23 hingga 25 Agustus 2018 dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 dan dihadiri tak kurang dari 80 tendik (tenaga kependidikan) dari berbagai unit kerja di IPB. Materi yang diberikan kepada para peserta pelatihan adalah seputar aplikasi perkantoran Microsoft Office untuk menunjang dan mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Pelatih/instruktur yang memberikan pelatihan merupakan tenaga pengajar yang mengantongi sertifikat dari Microsoft terkait aplikasi Microsoft Office dan berasal dari Departemen Ilmu Komputer. Materi terbagi ke dalam 3 sesi latihan, yaitu pre-test dan latihan Microsoft Word pada hari pertama (23/8), pre-test dan latihan Microsoft Excel di hari kedua (24/8) dan diakhiri dengan post-test semua aplikasi di hari ketiga (25/8).

Pelatih bersertifikat dihadirkan untuk meningkatkan nilai dan menjamin mutu hasil pelatihan, karena diyakini memiliki pengalaman dan acuan yang dapat dibagi kepada para peserta sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Microsoft. Memberikan motivasi bagi para peserta untuk juga mengikuti ujian sertifikasi dari ilmu dan keahlian yang telah didapat. Untuk tujuan tersebut, pada akhir pelatihan akan dipilih 5 orang peserta dengan skor teratas dan akan ditindaklanjuti untuk mengikuti sertifikasi Microsoft Office.

Metodologi
Materi pelatihan teknologi informasi disampaikan dalam bentuk teori maupun praktek yang dibagi dalam dua laboratorium komputer. Pengukuran hasil pelatihan dilakukan dengan cara memberikan ujian, baik ujian tertulis (on line) maupun ujian praktikum.

Pengajar dan Asisten
Pelatihan ini melibatkan sebanyak 7 orang pengajar dan 5 orang asisten. Pengajar merupakan dosen di Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sebanyak empat orang pengajar memiliki sertifikasi Microsoft Office yang diselenggarakan oleh Microsoft dengan rincian 1 orang Microsoft Office Master, 1 orang Microsoft Office Expert, dan 2 orang Microsoft Office Specialist. Asisten merupakan alumni dari Program Sarjana Ilmu Komputer yang berpengalaman mengajar sebagai asisten praktikum di Mata Kuliah Penerapan Komputer.

  1. Auzi Asfarian, M.Kom. (Pengajar)
  2. Firman Ardiansyah, M.Si. (Pengajar)
  3. Dr. Karlisa Priandana (Pengajar)
  4. M Asyhar Agmalaro, M.Kom. (Pengajar)
  5. Rina Trisminingsih, M.T. (Pengajar)
  6. Husnul Khotimah, M.Kom. (Pengajar)
  7. Wulandari, M.Eng. (Pengajar)
  8. Airlangga V Murthi, S.Komp. (Asisten)
  9. David T Ulubalang, S.Komp. (Asisten)
  10. Muhammad Rofiq GT, S.Komp. (Asisten)
  11. M Mukhibillah Asshidiqy, S.Komp. (Asisten)
  12. Ayub Eko Prasetyo, S.Komp. (Asisten)

Profil Peserta
Peserta yang terdaftar adalah sebanyak 86 orang yang berasal dari 70 unit kerja di Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan di pretest pertama, terlihat bahwa setengah dari peserta masih menggunakan Microsoft Office 2010. Versi selanjutnya secara berturut-turut adalah: Office 2013 (24.4%) dan Office 2007 (20.5%).