Blog

Inter University Bio-link 7.0, Kolaborasi Mahasiswa IPB University dan Universiti Sains Malaysia

Inter-University-Bio-link-7.0-Kolaborasi-Mahasiswa-IPB-University-dan-Universiti-Sains-Malaysia-800x445-1-180x180
Berita Utama / Internasional

Inter University Bio-link 7.0, Kolaborasi Mahasiswa IPB University dan Universiti Sains Malaysia

Puluhan mahasiswa Universiti Sains Malaysia (USM) dan IPB University melakukan aktivitas bersama dengan menyelenggarakan Inter University Bio-link 7.0. Acara dilaksanakan di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kampus IPB Dramaga, (15/5).

Dekan USM School of Biological Sciences, Prof Amirul Al-Ashraf Abdullah dalam sambutannya menyampaikan, Inter University Bio-link 7.0 merupakan program lawatan ilmu pengetahuan biologi yang diharapkan dapat memberi manfaat mempererat hubungan antar mahasiswa dan dosen kedua universitas.

Melalui program ini, lanjut dia, mahasiswa dapat bertukar pengetahuan pengalaman dapat dan saling membantu di masa yang akan datang. “Saya berharap acara ini bukan untuk yang terakhir, tetapi akan ada aktivitas bersama antara USM dan IPB University,” tuturnya.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University, Dr Berry Juliandi menyampaikan beberapa transformasi pendidikan di FMIPA IPB University. Keilmuan yang akan dikembangkan di antaranya ialah akan berdirinya dua sekolah baru yakni Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika, kedua ialah Sekolah Teknik.

Selain itu Dr Berry menyebutkan bahwa di bawah Departemen Biologi, FMIPA IPB University memiliki IPB Culture Collection (IPBCC) yaitu unit khusus penyimpanan koleksi mikroba. Pada saat ini, sebagai unit pemelihara dan penyimpanan koleksi biakan mikroba, IPBCC telah menjadi anggota dari World Federation of Culture Collection.

Iwanni, salah satu mahasiswa USM tahun ke 2 menyampaikan bahwa ia sangat senang bisa mengikuti kegiatan Inter University Bio-link 7.0. Baginya, berada di IPB University tidak tidak perlu banyak adaptasi, karena masih memiliki culture dan cuaca yang sama dengan Malaysia.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan, bertukar ide, relasi, hubungan baik dengan mahasiswa IPB University. Saya juga berharap ada projek atau kegiatan bareng dengan mahasiswa IPB,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Muhammad Aiman, mahasiswa tahun ke 3 USM. “Berada di IPB University (kami) sangat disambut baik dan hangat. Kami tidak merasa berada di luar negeri, kami sangat familiar. Harapannya, IPB University dan USM bisa kolaborasi bersama membuat karya melibatkan mahasiswa,” ungkapnya yang berharap bisa bekerja sama membuat projek terkait Sustainable Development Goals (SDGs) Malaysia dan Indonesia.

Dalam acara kedua universitas saling menjelaskan berbagai program dan fasilitas yang diberikan di departemen biologi kampus masing-masing, termasuk diantaranya peluang mengikuti program summer course di Departemen Biologi IPB University. Dr Iman Rusmana juga memberikan gambaran bagaimana luasnya peluang karier bagi para lulusan biologi.

Source : ipb.ac.id