Admisi

Admisi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri dilakukan melalui: i Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Jalur PMB Seleksi Nasional

  • SNBP (Jalur Undangan)
  • SNBT (Jalur Ujian Tertulis)
  • Info Bidikmisi
  • Pusat Bantuan Informasi

Jalur PMB Seleksi Mandiri IPB

  • Beasiswan Utusan Daerah (BUD)
  • Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI)
  • Prestasi Internasional/Nasional (PIN)

SNBP merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNBP.

  1. Tujuan SNBP
    1. Memberi kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
    2. Memberikan peluang bagi PTN untuk merekrut calon mahasiswa baru dengan prestasi akademik tinggi, di mana setidaknya 20% dari kuota tersebut ditanggung biayanya oleh pemerintah
  2. Ketentuan Umum.
    1. NBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
    2. Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.
    3. Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah untuk pengisian PDSS dan siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di portal SNPMB.
    4. Siswa yang lulus SNBP 2024, SNBP 2023, dan SNMPTN 2022 tidak bisa mendaftar SNBT 2024. Dan yang lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun.
  3. Ketentuan Khusus.
    1. Persyaratan Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNBP
      1. SMA/SMK/MA yang mempunyai NPSN.
      2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
    2. Persyaratan Siswa Pendaftar.
      1. Siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun penyelenggaraan SNBP.
      2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
        • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
        • Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
        • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
        • Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
      3. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS.
      4. Memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
      5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
    3. Persyaratan Penerimaan Peserta di PTN.
      1. Lulus satuan pendidikan;
      2. Lulus SNBP;
      3. Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
  4. Tata Cara Pendaftaran
    1. Pengisian dan Verifikasi PDSS
      1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman https://snbp-snpmb,bppp,kemdikbud.go.id
      2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
      3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
      4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
    2. Pemeringkatan
      1. Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) pada semester tiga, semester empat dan semester lima.
      2. Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNBP.
    3. Pendaftaran SNBP
      1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNBP untuk melakukan pendaftaran.
      2. Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
      3. Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
      4. Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman SNBP.
      5. Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNBP.
      6. Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.
  5. Jadwal SNBP
    Jadwal SNBP dapat dilihat dengan mengunjungi laman ini.
  6. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi
    1. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
    2. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan dalam satu PTN sebanyak-banyaknya boleh memilih 2 (dua) program studi.
    3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
    4. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
    5. Daftar program studi dan daya tampung SNBT tahun 2024 dapat dilihat pada laman SNBP selama periode pendaftaran.
  7. Biaya Pendaftaran dan Seleksi
    Biaya SNBP ditanggung Pemerintah, sehingga Siswa Pendaftar tidak dipungut biaya apapun (gratis).
  8. Prinsip Seleksi
    1. Seleksi diselenggarakan berdasarkan prinsip: Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
    2. Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah, antara lain: akreditasi sekolah, prestasi mahasiswa alumni sekolah bersangkutan, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri tahun sebelumnya, serta prestasi lainnya yang ditentukan oleh masing-masing PTN;
    3. Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.
  9. Tahapan Seleksi
    1. Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi,
    2. Pendaftar yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
  10. Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan
    1. Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNBP tahun berikutnya.
    2. Siswa yang melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusan SNBP.

SNBT adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan SNBT, dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melaksanakan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat termasuk Paket C sampai dengan lulusan maksimal 2 tahun ke belakang.

  1. Tujuan SNBT
    1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.
    2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.
  2. Ketentuan Umum
    SNBT merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
  3. Ketentuan Khusus
    1. Persyaratan Siswa Pendaftar
      1. Bagi siswa lulusan maksimal hingga 2 tahun lalu, harus sudah memiliki ijazah.
      2. Bagi siswa lulusan tahun ini, memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
      3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
    2. Persyaratan Penerimaan Peserta di PTN
      1. Lulus pendidikan menengah;
      2. Lulus SNBT;
      3. Sehat jasmani dan rohani;
      4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
  4. Tata Cara Pendaftaran
    1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman Pendaftaran.
    2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman ini.
    3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka sesuai jadwal.
  5. Jadwal SNBT
    Jadwal SNBT dapat dilihat dengan mengunjungi laman ini.
  6. Jenis Ujian
    1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
      1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
      2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
      3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
    2. Ujian Keterampilan
      1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
      2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
      3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.
      4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman SNBT.
  7. Kelompok Ujian
    1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
    2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
    3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
    4. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.
    5. Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja
  8. Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
    1. Program Studi
      1. Kelompok Saintek.
      2. Kelompok Soshum.
    2. Jumlah Pilihan
      1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi.
      2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
      3. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
      4. Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
      5. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
      6. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
      7. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
      8. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN dan jumlah peminat program studi per PTN dapat dilihat di laman SNBT.
  9. Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
    1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
    2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
    3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  10. Jadwal Ujian
    1. Jadwal Ujian Tertulis
      Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak.
    2. Jadwal Ujian Keterampilan
      Jadwal ujian Keterampilan dapat dilihat di sini.
  11. Pengumuman Hasil Seleksi
    Hasil seleksi SBMPTN dapat dilihat di sini.

Informasi bagi Penerima Bidikmisi

  • Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu.
  • Calon peserta dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ dengan mempelajari ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima melalui SNBT namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka calon peserta harus mendaftar SNBT melalui laman pendaftaran ini dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari sistem Bidikmisi Kemristekdikti untuk mencetak slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SNBT ke Bank Mandiri atau Bank BNI.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNBT, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SNBT tanpa harus membayar biaya seleksi.

Pusat Bantuan Informasi Seleksi

  • SNBP
    1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman SNBP.
    2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh disini.
  • SNBT
    1. Informasi resmi mengenai SBMPTN dapat diakses melalui laman SNBT.
    2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh disini.

Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi akan diinformasikan melalui laman website masing-masing jalur seleksi.

Jalur PMB Seleksi Mandiri IPB

Selain jalur undangan (SNBP) dan jalur tes tertulis (SNBT) yang diselenggarakan secara nasional, IPB juga menyelenggarakan alternatif penerimaan mahasiswa baru guna menjaring calon mahasiswa berpotensi dengan karakter dan kriteria khusus, melalui jalur-jalur penerimaan berikut:

  1. Kriteria Calon Mahasiswa adalah lulusan SMA, MA atau SMK berbasis IPA yang berpotensi, direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta dengan kriteria sbb:
    1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
    2. Memiliki nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00 (rentang 0.00 – 10.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama).
    3. Sehat jasmani dan rohani.
    4. Bebas narkoba.
    5. Bersedia tinggal di Asrama TPB-IPB pada tahun pertama.
  2. Proses Penerimaan
    1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta.
    2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta (penyandang dana).
    3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
    4. Pengiriman berkas calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana ke IPB.
    5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB.
    6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara IPB dan penyandang dana.
    7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana.
    8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD.
    9. Mulai kuliah di IPB.
  3. Cara Mendaftar untuk Program Sarjana
    1. Dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Instansi Sponsor
    2. Membayar uang pendaftaran.
    3. Melengkapi berkas formulir pendaftaran.
    4. Berkas diterima paling lambat sesuai jadwal.
  4. Kontak untuk Informasi Lebih Lanjut
    Sekretariat BUD Program Sarjana
    Direktorat Kerjasama dan Program Internasional (Ani/Onya)
    Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 2 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680
    Telepon: 0251-8624092, 8622642 ext. 219
    Faksimile: 0251-8629882, 8624092
    Email: bud@ipb.ac.id
    Website: http://bud.ipb.ac.id
  1. Tujuan
    Penyelenggaraan UTM IPB bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.
  2. Persyaratan Umum
    1. Lulusan SMA/MA IPA;
    2. Ujian Talenta Masuk IPB tahun 2016 dilaksanakan di Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Tasikmalaya, dan Cirebon;
    3. Materi ujian: (1) Kemampuan IPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi); (2) Bahasa Inggris; (3) Tes Talenta;
    4. Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi;
    5. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman Pendaftaran UTMI;
    6. Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-/peserta dibayarkan melalui Bank BRI.
  3. Persyaratan Khusus Wajib bagi pelamar PDD Kampus Sukabumi:
    1. KTP/Identitas Jawa Barat.
    2. Kartu Keluarga Jawa Barat.
    3. Asal Sekolah SLTA di Jawa Barat.
    4. SLTA dengan jurusan IPA (Khusus S1).
    5. Maksimal lulusan SLTA 3 tahun terakhir dari tahun pendaftaran dibuka.
  4. Cara Pendaftaran
    1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman Pendaftaran UTMI sesuai jadwal.
    2. Pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi. Pelamar tidak dapat mengubah pilihan program studi setelah pendaftaran online dengan alasan apapun.
    3. Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-/Pelamar. Pelamar yang sudah mendaftar namun membatalkan keikutsertaan UTM IPB tidak dapat meminta kembali biaya pendaftaran.
    4. Pelamar yang dinyatakan lulus ujian tulis dan pemetaan bakat dan diterima oleh IPB, wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan melengkapi persyaratan yang akan ditentukan kemudian dan sanggup mengikuti kegiatan softskill yang akan dijadwalkan.
    5. Mengingat jarak antara pengumuman hasil seleksi dan periode konfirmasi calon mahasiswa (bagi pelamar yang lulus tes) yang sangat singkat (perhatikan Tanggal Penting), dimohon agar pelamar dapat mempersiapkan dokumen berikut untuk keperluan tersebut:
      1. Surat keterangan penghasilan Ayah dan Ibu/Wali calon mahasiswa baru:
        • PNS/TNI/POLRI dari Instansi Pemerintahan
        • Pegawai Swasta/BUMN dari Perusahaan
        • Pekerjaan lainnya disahkan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Desa/Lurah
      2. Kartu Keluarga Orang tua/wali
      3. Bukti Pembayaran Listrik tiga bulan terakhir di rumah orangtua/wali
  5. Pembayaran Biaya Pendaftaran
    1. Melalui Teller Unit Kerja BRI
      1. Datang ke Unit Kerja BRI terdekat.
      2. Mengisi formulir setoran (Tunai/Over Booking) diisi secara lengkap nama penyetor dengan mencantumkan Nomor.
      3. Pendaftaran UTM (12 atau 13 digit, mis. 518XXXXXXXXXX) dalam kolom keterangan/berita di slip setoran.
      4. Selanjutnya menyerahkan kepada petugas Bank/Teller dengan memastikan jumlah yang akan dibayarkan pada kolom nominal setoran Rp. 500.000,00.
      5. Bayar ke Petugas Teller Bank BRI.
      6. Simpan slip setoran sebagai tanda bukti pembayaran.
    2. Melalui Mesin ATM BRI
      1. Masukkan Kartu ATM Bank BRI.
      2. Pilih: Bahasa Indonesia
      3. Pilih: Lanjutkan
      4. Ketik: Nomor PIN ATM
      5. Pilih: Transaksi Lainnya
      6. Pilih: Pembayaran
      7. Pilih: Pendidikan
      8. Masukkan Kode 048 (Institut Pertanian Bogor) dilanjutkan dengan Nomor Pendaftaran (12 atau 13 digit, misal. 518XXXXXXXXX)
      9. Kemudian tekan ‘BENAR’
      10. Layar akan menampilkan identitas Nama dan jumlah pembayaran Rp.500.000,00 kemudian tekan ‘BENAR’ jika data telah sesuai.
      11. Jika transaksi berhasil bukti pembayaran akan tercetak.
    3. Melalui Internet Banking Bank BRI
      1. Login ke https://ib.bri.co.id.
      2. Masukan user id dan password.
      3. Pilih menu pembayaran dan pembelian.
      4. Pilih pendidikan.
      5. Pilih combo box Institut Pertanian Bogor (IPB).
      6. Lengkapi data yang dibutuhkan nomor Pendaftaran dan nama.
      7. Cek kembali data yang telah di input, dan klik kirim.
  6. Pelaksanaan Ujian dilaksanakan seusai jadwal pelaksanaan yang berlaku di Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Tasikmalaya, dan Cirebon dengan jadwal ujian yang telah ditentukan.
    1. Materi Ujian
      1. Tes Kemampuan IPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika)
      2. Istirahat dan Persiapan ujian berikutnya
      3. Bahasa Inggris
      4. Tes Talenta
    2. Pada saat ujian tulis Pelamar harus membawa:
      1. Kartu tanda peserta ujian. Kartu tanda peserta ujian dicetak sendiri oleh pelamar dari laman web pendaftaran setelah melengkapi semua syarat pendaftaran. Kartu tanda peserta ujian harus berfoto.
      2. Kartu identitas (berfoto) yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor)
      3. pensil 2B
      4. karet penghapus, dan ballpoint/pulpen bertinta hitam atau biru.
    3. Perlu diperhatikan:
      1. Pelamar dilarang membawa alat komunikasi dan tas ke dalam ruang ujian.
      2. Pelamar yang melakukan kecurangan selama pelaksanaan ujian langsung dinyatakan tidak lulus.
      3. Panitia tidak menyediakan makanan/minuman bagi peserta ujian.
  1. Tujuan
    Memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal. Daya tampung sekitar 15 orang (sekitar 0-0.2%) dari daya tampung IPB.
  2. Kualifikasi Pelamar
    1. Lulus SMA/Sederajat pada tahun yang sama dengan periode pendaftaran calon mahasiswa baru IPB
    2. Berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan: Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.
  3. Berkas Lamaran
    1. Surat pengantar dari Kepala Sekolah yang ditujukan ke Rektor IPB (tidak ada format khusus)
    2. Surat lamaran dari siswa yang ditujukan kepada Rektor IPB, dengen menyebutkan PROGRAM STUDI di IPB yang dituju dan mencantumkan alamat yang dapat dijangkau oleh pos dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Surat ditandatangani oleh siswa dan orang tua dan siswa.
    3. fotocopy rapor SMA semester 1-5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
    4. fotocopy sertifikat/piagam penghargaan prestasi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
    5. Berkas lamaran dimasukkan ke dalam satu amplop dan dikirimkan melalui pos ke alamat:
      Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IPB c.q. Panitia Seleksi Jalur PIN, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.1 Kampus IPB Dramaga Bogor-Jawa Barat 16680
  4. Informasi Lain
    1. Batas waktu pengiriman berkas lamaran: tanggal 1 Juni setiap tahunnya (cap pos).
    2. Acuan Seleksi: jenis prestasi pada lomba yang diikuti pelamar dan prestasi akademik (rapor) pelamar.
    3. Hasil seleksi disampaikan melalui surat dari Rektor IPB kepada pelamar yang akan disampaikan pada bulan Juli setiap tahunnya.
    4. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi HARUS datang pada saat registrasi calon mahasiswa baru dan melengkapi syarat-syarat yang diminta oleh IPB.

Sekretariat PMB IPB

  • Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru IPB
    Jalan Raya Dramaga Kampus IPB Dramaga
    Bogor 16680, Jawa Barat, Indonesia
  • HUMAS
    Telepon: +62 251 8425635
    Email-1: humas@ipb.ac.id
    Email-2: humas@apps.ipb.ac.id
  • PPMB Program Diploma
    Telepon: +62 251 8329101
    Email: informasidiploma@ipb.ac.id
  • PPMB Program Sarjana
    Telepon: +62 251 8624650
    Telepon: +62 251 8626641
    Email: admisi@ipb.ac.id
  • PPMB Program Pascasarjana
    Telepon: +62 251 8628448
    Email: pascasarjana@apps.ipb.ac.id

Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi akan diinformasikan melalui laman website http://admisi.ipb.ac.id/.