Blog

Transformasi Resiliensi Menuju Meteorologist Unggul

gfm
Berita Utama

Transformasi Resiliensi Menuju Meteorologist Unggul

Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) Institut Pertanian Bogor (IPB) baru saja merayakan momen bersejarah, yaitu Lustrum ke-9 yang berlangsung dengan penuh inspiratif dan kemeriahan.   Ir. Andy Alifwansyah MM MBA adalah Ketua Himpunan Alumni Himagreto, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Humpuss,  merupakan salah satu sponsor utama kegiatan Lustrum Himagreto 2024.

Peringatan dies natalis ke 45 atau lustrum  ke 9 yang dilaksanakan tanggal 14 September 2024 di auditorium FMIPA ini bukan hanya sebagai simbol perjalanan panjang dari berdirinya Departemen GFM dan himpunan ormawa saja, tetapi juga sebagai momentum refleksi dan penyusunan visi misi ke depan. Dengan tema “Transformasi Resiliensi Menuju Meteorologist Unggul”,  menggarisbawahi pentingnya adaptasi dan ketahanan di tengah tantangan global untuk mencetak ahli meteorologi yang unggul dan berdaya saing.

Lustrum ke-9 ini dihadiri oleh beberapa tokoh seperti pihak Departemen GFM, Dekan FMIPA, Ketua Himpunan Alumni FMIPA, dan alumni GFM IPB  yang sangat inspiratif diantaranya adalah Prof. Dr. Erna Sri (Direktur Sekretariat INASA BRIN) memberikan wawasan mengenai peran penelitian dan pengembangan dalam mendukung ketahanan iklim dan ketahanan pangan, serta memberikan motivasi semangat kepada mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi masa depan. Deti Triani, S.Si. (UNDP – Atsea Project) berbagi pengalaman tentang upaya mitigasi perubahan iklim dan pengelolaan sumber daya laut, dan Jannata Giwangkara, S. Si, MEnergy (Project Manager for energy at Climateworks Centre (NGO)) mengungkapkan pentingnya integrasi energi terbarukan dan teknologi dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Beberapa agenda kegiatan yang menjadi sorotan diantaranya adalah jalan pagi sehat bersama,  pemotongan tumpeng sebagai tanda simbolik Lustrum, dilanjutkan dengan sesi Talkshow dari alumni inspiratif, Hiburan dan diakhiri dengan ramah tamah. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bapak Dr.  Berry Juliandi S. Si., M. Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Himagreto atas kontribusinya selama ini. “Himagreto telah membuktikan dirinya sebagai organisasi yang konsisten dalam mendukung pengembangan kreativitas mahasiswa. Harapan kami adalah agar Himagreto terus menginspirasi mahasiswa untuk aktif berkarya di sektor perubahan iklim yang kini semakin dinamis dan penuh tantangan.”

Ucapan Selamat Ulang Tahun juga disampaikan oleh Dr. Muh Taufik selaku sekretaris Departemen GFM dan Sandi Noorzaman, S.Si sebagai ketua Himpunan Alumni FMIPA IPB. Karena kegiatan pekerjaan di luar kota, Bapak Ir. Andy Aliwansyah MM MBA, Ketua Himpunan Alumni Himagreto berhalangan hadir secara fisik tetapi mengirimkan pesan agar Himagreto semakin maju dan semakin memberikan manfaat sebesar besarnya baik kepada mahasiswa GFM juga kepada masyarakat luas.

Semoga lustrum 9 kali ini bisa menambahkan nilai bagi Dept GFM khususnya dalam pencapaian IKU. Teruslah berkarya, berinovasi, dan menginspirasi untuk masa depan yang lebih cerah. selamat ulangtahun yang ke 45 bagi Himagreto dan Departemen GFM FMIPA IPB